PENGARUH PENDEKATAN SOSIO- EMOSIONAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Pandeglang)

KURNIAWATI, KARNA (2018) PENGARUH PENDEKATAN SOSIO- EMOSIONAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
Cover.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB)
[img] Teks (ABSTRAK DAN LAIN-LAIN)
Pernyataan keaslian skripsi dan lainnya.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (47kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (39kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (74kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (65kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
Daftar isi fix.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pendekatan sosio-emosional guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui pengaruh pendekatan sosio-emosional guru terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pandeglang yang dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, kurang aktif/pasif (monoton) dalam kegiatan pembelajaran, tidak percaya diri dalam mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan, dan kurangnya interaksi antara pendidik dengan peserta didik, begitu juga sesama peserta didik. Hal demikian, karena dalam pengelolaan kelas guru belum menggunakan pendekatan yang dapat menumbuhkan rasa nyaman peserta didik pada saat proses pembelajaran. Pendekatan pengelolan kelas yang menciptakan hubungan sosial positif dalam kelas adalah pendekatan sosio-emosional Pendekatan sosio-emosional ini merupakan suatu penerimaan guru dalam proses pembelajaran dan yang amat penting dalam membantu peserta didik belajar dan memahami materi, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik merasa nyaman, tidak takut mengajukan pertanyaan dan sebagainya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa pendekatan sosio-emosional guru terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat baik dengan nilai t_hitung lebih besar dari t_(tabel ), 2, 60 > 1,76, dengan persentase 82% > 62% sebagaimana ketentuan dari rumus uji hipotesis, jika μ_1 > μ_2 maka H_aditerima dan H_0 ditolak, artinya signifikan, pendekatan sosio-emosional mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan system pendidikan Islam dan lainnya
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2018 01:59
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2018 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.