Pengaruh Penerapan Metode Inside-Outside Circle Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Eksperimen MTs Al-Jauharrotunnaqiyah Palas - Ciegon).

Jumenah, Jumenah (2018) Pengaruh Penerapan Metode Inside-Outside Circle Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Eksperimen MTs Al-Jauharrotunnaqiyah Palas - Ciegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
Cover.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (65kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA BARU.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
22.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)

Abstrak

Pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dan siswa. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena siswa sebagai sumber didik yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru. Dengan siswa ikut dalam pembelajaran berarti siswa terlibat secara langsung dalam meningkatkan potensi yang dimilikinya dan melatih siswa agar dapat bekerja asecara mandiri. Untuk itu diperlukan sebuah metode yang dapat menumbuhkan aktvitas siswa dalam belajar dan membuat suasana belajar yanag menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Al-qur’an hadis di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Palas-Cilegon 2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Al-qur’an hadis di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Palas-Cilegon di Mts Al-Jauharotunnaqiyah Palas-Cilegon, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inside outside circle terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Palas-Cilegon Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain peneitian desain prates-pascates kelompok kontrol tanpa acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengmpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari perhitungan thitung yang berada pada daerah penerimaan Hi (thitung > ttabel atau 3,08 > 2,418) yang berarti Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inside-outside circle mempunyai pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa paa mata pelajarn al-qur’an hadist.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.2 Al-Quran dan terjemahnya > 2x1.21 Terjemahan bahasa Indonesia
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 26 Nov 2018 01:17
Perubahan Terakhir: 26 Nov 2018 01:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.