Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) terhadap keterampilan menulis dan membaca puisi.

Sulistiawati, Sulistiawati (2018) Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) terhadap keterampilan menulis dan membaca puisi. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
cover.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (341kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang belum terlaksana secara maksimal, serta masih rendahnya hasil kemampuan menulis dan membaca puisi siswa yang belum sesuai harapan. Salah satu faktor yang menyebabkan mereka kesulitan untuk menulis dan membaca puisi disebabkan karena kurang diterapkannya model pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta kurangnya sentuhan guru dalam hal memberikan strategi menulis dan membaca puisi yang tepat. Alternatif untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan menggunakan Model VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SD Negeri Delingseng, dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Delingseng.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh Model VAK terhadap keterampilan menulis dan membaca puisi kelas IV SDN Delingseng, dibuktikan dengan hasil uji t kedua kelas yang menunjukan data signifikasi yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7.819 lebih besar dari 1,66235 (7.819 > 1,66235) yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor ketrampilan menulis dan membaca puisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan demikian model VAK berpengaruh terhadap keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas IV SD Negeri Delingseng dan Model VAK dapat dijadikan alternative penggunaan model pembelajaran menulis dan membaca puisi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:06
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2018 04:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.