PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL-QUR’AN PILIHAN PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang

Fitriyah, Nurotul (2018) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL-QUR’AN PILIHAN PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (41kB)
[img] Teks (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (71kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (64kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA F.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu sulitnya siswa-siswi SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang dalam menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an yang terdapat dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam, kemudian penulis melihat media pembelajaran menarik yang digunakan oleh guru bidang studi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu penggunaan media flash card dalam materi menghafal ayat-ayat Al-Qur’an pilihan. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penggunaan media flash card di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang?, Bagaimana kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang?, Apakah media flash card tersebut berpengaruh terhadap kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an pada siswa di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media flash card di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang, Untuk mengetahui tingkat kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang, dan Untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an pilihan siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karangtanjung Panndeglang. Metodologi penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode ex-post facto, teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa tes lisan, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari analisis persentasi data pada variabel X berjumlah 61,27 % yang berarti media flash card termasuk dalam kategori baik, kemudian Variabel Y berjumlah 62,17 % yang berarti kemampuan menghafaltermasuk dalam kategori baik. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis korelasi pengaruh media flash card terhadap kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an pilihan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam diperoleh nilai sebesar 0,68dengan interpretasi tinggi. Adapun kontribusi media flash card terhadap kemampuan menghafal sebesar 54,90 % .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Public policy issues in education
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:17
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.