Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah (Studi PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang)

Yone, Fitri (2022) Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah (Studi PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Cover.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Bab I.pdf

Download (295kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430069_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Bab III.pdf

Download (120kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430069_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (241kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Bab V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430069_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan industri keuangan syariah berkorelasi positif dengan pertumbuhan asuransi syariah. Sistem asuransi syariah memiliki konsep risk sharing dari pada risk transfer seperti asuransi konvensional. PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 adalah salah satu perusahaan asuransi yang sudah lama beroperasi. Perusahaan yang banyak timbul saat ini ialah tantangan tertentu bagi perusahaan untuk memenangkan kompetensi. Perihal tersebut membawa pebisnis terus berpikir menciptakan berbagai alternatif strategi yang pas untuk menghadapi persaingan global. Penelitian ini dilakukan di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang untuk mengetahui strategi pemasaran produk asuransi syariah menggunakan analisis SWOT. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana strategi pemasaran produk asuransi syariah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 197 cabang Serang?. 2). Analisis SWOT pada strategi pemasaran produk asuransi syariah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 cabang Serang (Internal dan Eksternal)? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui tentang strategi pemasaran produk asuransi syariah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 197 cabang Serang. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada produk asuransi syariah berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini dianalisis yang menggunakan deskriptif kualitatif yang mencakup analisis pemasaran (product, price, place, promotion) juga menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IE. Analisis SWOT menganalisis mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan yang dilakukan melalui evaluasi terhadap kondisi internal perusahaan serta evaluasi terhadap faktor eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai skor IFE 2,93 yang mengidentifikasikan posisi internal yang kuat, sedangkan nilai skor EFE 2,99 yang menunjukan bahwa perusahaan merespon dengan sangat baik peluang-peuang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industri. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. BUMIDA cabang Serang berdasarkan dengan unsur bauran pemasaran, dapat diambil simpulan bahwa: BUMIDA cabang Serang memiliki 5 produk unggulan yaitu asuransi kebakaran, asuransi kendaraan, asuransi siswakoe, asuransi liability dokter, dan mahasiswakoe. Berdasarkan hasil analisis SWOT mengenai strategi pemasaran produk asuransi syariah menunjukan bahwasannya strategi yang dilakukan sangat kuat dan memiliki peluang yang besar. Dari nilai tersebut PT. BUMIDA cabang Serang dalam memasarkan produknya menempati posisi pada sel V.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisi SWOT,Strategi Pemasaran, Asuransi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Nov 2022 02:36
Perubahan Terakhir: 10 Nov 2022 02:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9464

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.