Strategi Radio dalam Menarik Minat Pemasang Iklan (Studi Deskriptif pada 96.1 Prima FM)

Fajriati, Nisrina Alifah (2022) Strategi Radio dalam Menarik Minat Pemasang Iklan (Studi Deskriptif pada 96.1 Prima FM). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (447kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (347kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Setiap perusahaan atau organisasi pasti membutuhkan strategi, cara tersendiri untuk memenuhi tujuan yang hendak dicapai. Menjalin komunikasi yang baik kepada khalayak agar dapat memberikan informasi dan timbal balik yang baik pula. Salah satunya pada perusahaan Radio dimana seiring perkembangan zaman sudah banyak media massa yang canggih dan efektif dalam memberikan informasi, mempromosikan barang atau jasa. Tinggal bagaimana perusahaan Radio tersebut terutama team marketing menyusun strategi yang baik dan tidak kalah saing dengan media massa yang lainnya. Oleh karena itu perusahaan khususnya statiun Radio 96,1 Prima FM membutuhkan strategi atau perencanaan yang baik agar bisa mempertahankan serta meningkatkan pemasang iklan. Strategi mencerminkan bagaimana, kapan, dan dimana organisasi atau perusahaan harus merencanakan suatu hal untuk bersaing dengan organisasi atau perusahaan pesaingnya. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dan upaya apa saja yang dilakukan Radio 96,1 Prima FM dalam menarik minat pemasang iklan? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan Radio 96,1 Prima FM dalam menarik minat pemasang iklan. 2) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Radio 96,1 Prima FM dalam menarik minat pemasang iklan. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek penelitian yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Jumlah respoden dalam penelitian ini adalah 3 orang ( 1 laki-laki dan 2 perempuan). Responden adalah Program Direktor, Marketing Executive dan Client atau Pemasang Iklan Radio 96,1 Prima FM. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1.Strategi Radio 96,1 Prima FM yaitu dengan menarik customer-customer lokal, dari menengah kebawah sehingga memudahkan para pemasang iklan yang minin akan biaya. Selain itu tentunya dengan Membuat Event Mingguan, yang manfaatnya dapat menarik massa, pendengar sekaligus pemasang iklan yang bisa mengiklankan produknya. Memanfaatkan Sosial Media dengan jangkauan yang luas sehingga khalayak mengetahui iklan tersebut dan pesan iklan juga dapat dengan luas tersampaikan kepada khalayak. Mengadakan Promo Menarik juga dapat menarik para pemasang iklan seperti memberikan talkshow secara gratis. Serta Strategi Program, membuat program yang dikombnasikan dengan iklan produk dan mengenalkan berbagai aspek. 2.Upaya yang dilakukan Radio 96,1 Prima FM dalam menarik minat pemasang iklan, selain strategi yang dijelaskan juga mempertahankan ciri khas yang dapat membedakan dengan radio-radio lain dengan memutarkan lagu-lagu dangdut Indonesia. Tim Marketing Radio sering memfollow up customer agar tetap menjalin hubungan baik. Dan juga Melakukan Evaluasi sangat penting sebagai bahan penilaian kinerja Radio 96,1 Prima FM dan juga kerja sama tim penting dalam perusahaan atau organisasi, lebih baik bekerja sama dan saling membantu satu sama lain agar tercapainya tujuan, visi dan misi yang akan dicapai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2022 07:54
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.