Pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala Madrasah dan iklim kerja terhadap kinerja guru pada MTs Se Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak

Soleman, Soleman (2018) Pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala Madrasah dan iklim kerja terhadap kinerja guru pada MTs Se Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK jadi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II MPI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III MPI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV MPI 2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (247kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)

Abstrak

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kinerja guru dalam melaksanakan tugas di Madrasah. Rendahnya kinerja guru ditunjukan dengan: (1) kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tidak maksimal sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang kurang menarik, (2) kemampuan dalam pengelolaan kelas masih kurang, sehingga belum tercipta suasana kondusif di kelas dan proses pembelajaran yang menyenangkan, (3) guru belum maksimal dalam memanfaatkan media sehingga hasil dalam meyalurkan pesan (materi pelajaran) kepada siswa tidak maksimal, (4) selain itu guru tidak memvariasikan metode pembelajaran, sehingga terjadi kejenuhan dalam diri siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan diketahui bahwa kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni: tingkat persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala Madrasah dan kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugas masih rendah, serta iklim kerja yang kurang kondusif ,sarana dan prasarana yang kurang memadai. Berdasarkan penelitian, maka dapat dirumuskan permasalahan yang muncul di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Kalanganyar, yaitu sebagai berikut: (1). Bagaimana kepemimpinan kepala Madrasah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah sekecamatan Kalanganyar? (2). Bagaimana iklim kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah sekecamatan Kalanganyar?, (3). Apakah kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja secara bersama berpengaruh terhadap kinerja guru Madrasah sekecamatan Kalanganyar ? Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Sekecamatan Kalanganyar. (2). Untuk mengetahui pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru Madrasah Sekecamatan Kalanganyar. (3). Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala Madrasah dan iklim kerja secara bersama terhadap kinerja guru Madrasah Sekecamatan Kalanganyar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs se-Kecamatan Kalanganyar yang berjumlah 72. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik experts judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi sederhana uji regresi ganda dan uji signifikansi regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) pengaruh kepemimpinan kepala Madrasah berpengaruh signifikan terhadap kinerja gueu dengan sumbangan 60,8 %, 2) iklim kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan sebesar 51,4%, 3) persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan sumbangan sebesar 49,1 %.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Public policy issues in education
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 26 Nov 2018 01:17
Perubahan Terakhir: 26 Nov 2018 01:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.