Suherni, Neni (2021) Pengaruh Manajemen Kurikulum Terhadap Kompetensi Profesional Guru (Studi di MTs. Mathla’ul Anwar Baros Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (448kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (541kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (323kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (398kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (76kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (220kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Neni Suherni. NIM 161250055. Judul Skripsi Pengaruh Manajemen Kurikulum Terhadap Kompetensi Profesional Guru (Studi di MTs. Mathla’ul Anwar Baros Kabupaten Lebak). Latar belakang dari penelitian ini yaitu tingkat ketercapaian Manajemen kurikulum mempengaruhi kompetensi profesional guru dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah, salah satu faktornya adalah kurangnya keberhasilan manajemen kurikulum yang diterapkan dalam meningkatkan profesional guru, Beberapa guru kurang menguasai materi, Ketidaksesuain guru dalam menjalankan kurikulum yang ada. Teori yang melandasi penelitian ini, manajemen kurikulum adalah kegiatan yang dititikberatkan kepada usaha-usaha pembinaan situasi belajar mengajar disekolah agar terjamin kelancaraannya. Sedangkan kompetensi professional itu sendiri yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana manajemen kurikulum yang di terapkan, Bagaimana kompetensi profesional guru, dan Apakah terdapat pengaruh signifikan antara Manajemen Kurikulum terhadap Kompetensi Profesional Guru di MTs. Mathla’ul Anwar Baros Kabupaten Lebak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Keberhasilan manajemen kurikulum yang diterapkan, kompetensi profesional guru, dan pengaruh signifikan manajemen kurikulum terhadap kompetensi profesional guru di MTs. Mathla’ul Anwar Baros. Dan Manfaat penelitian adalah: dapat memberikan masukan bagi guru tentang pentingnya kompetensi profesional guru untuk mewujudkan manajemen kurikulum yang diterapkan pada suatu lembaga, dapat memberikan masukan yang positif bagi sekolah atau madrasah dalam meningkatkan manajemen kurikulum terhadap kompetensi profesional guru, agar kualitas pendidikan dapat berkembang secara contiu, dan bagi peneliti Untuk menambah pengetahuan dan sebagai bekal untuk mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga profesional di bidangnya. Metode Penelitian yang digunakan Metode Pendekatan Kuantitatif Korelasi. Dengan menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs. Mathla’ul Anwar Baros Kabupaten Lebak, yang iii berjumlah 30 orang. Instrument penelitian menggunakan angket. Dan Teknik Analisis Data menggunakan Teknik Deskriptif dan Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, manajemen kurikulum yang di terapkan cukup baik dengan pencapaian 59,71%. Kedua, kompetensi profesional guru sangat baik dengan pencapaian 74,64%. Ketiga, pengaruh signifikan manajemen kurikulum terhadap kompetensi profesional guru dengan korelasi sebesar 38%. Simpulan dari penelitian ini tingkat ketercapaian manajemen kurikulum cukup tinggi maka secara signifikan kompetensi profesional guru akan tinggi.Sebaliknya jika ketercapaian manajemen kurikulum rendah maka secara signifikan kompetensi profesional guru akan rendah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Kurikulum, Kompetensi Profesional Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Mar 2021 02:11 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mar 2021 02:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6353 |
Actions (login required)
Lihat Item |