Jumiyah, Jumiyah (2019) Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara melalui media permainan kartu kuartet (PTK di Kelas V SDIT La Royba Kalodran Walantaka Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks (COVER)
COVERR.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) |
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I REV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II REV skrip.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (51kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III REV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (98kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV b.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (122kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka skrip.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) |
Abstrak
Nama: Jumiyah, Nim: 142400695, Judul Skripsi: Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara melalui media permainan kartu kuartet (PTK di Kelas V SDIT La Royba Kalodran Walantaka Serang). Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDIT La Royba, yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi bercerita. Hal ini disebabkan karena tidak adanya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif saat pembelajaran. Media yang sesuai agar menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media permainan kartu kuartet. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan penggunaan media permainan kartu kuartet dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa kelas V SDIT La Royba? 2). Bagaimana hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media permainan kartu kuartet di kelas V SDIT La Royba? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menerapkan media permainan kartu kuartet dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa kelas V SDIT La Royba. 2). Untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara setelah menggunakan media permainan kartu kuartet di kelas V SDIT La Royba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart dilaksanakan dua siklus di kelas V SDIT La Royba dengan jumlah 34 siswa. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDIT La Royba pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara. Yaitu, pada tahap pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya 35,29 %. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 67,64 %. Dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,11 %. Hal ini membuktikan media permainan kartu kuartet dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V SDIT La Royba pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 28 Mar 2019 08:16 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2019 08:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3613 |
Actions (login required)
Lihat Item |