Delis, Iis (2018) Efektivitas Penggunaan Media Manipulatif Mika Transparan Terhadap Hasil Belajar Matematika materi Pecahan (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Banjarwangi Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
1. cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (71kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (621kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
3. Abstrak.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Media manipulatif mika transparan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan penjumlahan pecahan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Banjarwangi Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa Kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 di Kecamatan Pulosari. Sampel yang diambil adalah Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas IV B sebagai Kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa di SD Negeri Banjarwangi. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media manipulatif mika transparan memperoleh rata-rata nilai post-test 75,8 sedangkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) memperoleh rata-rata nilai post-test 56,2. Hal ini membuktikan bahwa Hasil Belajar matematika pada materi penjumlahan pecahan Kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan media manipulatif lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) (t_hitung ˃ t_tabel yaitu 3,623 ˃ 1,684). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media manipulatif mika transparan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan materi pecahan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 13 Des 2018 01:20 |
Perubahan Terakhir: | 13 Des 2018 01:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3202 |
Actions (login required)
Lihat Item |