Membentuk Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Behavioristik pada Kelompok A2 TK Islam Al-Azhar 10 Serang

Aprilia, Zahra (2018) Membentuk Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Behavioristik pada Kelompok A2 TK Islam Al-Azhar 10 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
(2 ) ABSTRAK skripsi zahra 22.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (605kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II refisi baru skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (442kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III refisi baru skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III refisi baru skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV revisi baru skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (275kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka skripsi zahra.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Setiap anak yang tumbuh dan kembang sebelum ia mengalami proses pendidikan di sekolah, sejatinya berasal dari rumah tempat ia menjalani sehari-harinya bersama keluarga. Dalam kondisi normal, orang tua merupakan pendidik anak yang pertama dan utama. Namun kebanyakan saat ini, orang tua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak pada pihak sekolah. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan 5 perkembangan, yaitu : moral agama, fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini. Dari latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kepercayaan diri anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 10 Serang? 2) Bagaimana pendekatan behavioristik yang dilakukan TK Islam Al-Azhar 10 dalam membentuk kepercayaan diri anak usia dini ? 3) Bagaimana efektifitas TK Islam Al-Azhar 10 dalam membentuk kepercayaan diri anak usia dini ? Penelitian ini mengambil studi kasus di TK Islam Al-Azhar 10 Serang. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan objek penelitian 5 responden dari siswa kelompok A2 yang berjumlah 19 siswa di TK Islam Al-Azhar 10 Serang pada tahun 2016, dengan masalah yang berbeda-beda. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Secara umum masih adanya kurang rasa percaya diri, dengan indicator; kesulitan untuk bersosialisasi, kondisi psikologis yang tidak stabil, kurangnya disiplin, emosional dan kurangnya percaya diri. 2) bentuk penanganan yang diberikan konselor yaitu dengan teknik pendekatan behavior dalam membentuk kepecayaan diri anak, salah satunya berupa metode latihan, pemberian tugas, permainan, dan metode cerita. 3) Secara umum pendekatan behavioristik yang dilakukan oleh TK Islam Al-Azhar 10 Serang, dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, kelima responden yang menjadi subjek penelitian ini tampak menyatakan adanya perubahan sikap, sehingga anak merasa lebih nyaman dan lebih baik. Mereka menjadi lebih stabil secara emosional, lebih percaya diri dalam mengikuti setiap kegiatan, lebih bisa bersosialisasi, dengan teman sebayanya serta lingkungan sekitarnya, lebih rajin mengerjakan tugas saat diperintah oleh gurunya, lebih berani mengungkapkan pendapat, mulai yakin terhadap kemampuannya sendiri dalam mengerjakan tugas, dan mulai dapat mengatur waktu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:06
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.