PENGARUH SHALAT DHUHA DAN TILAWAH JUZ 'AMMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8 Kota Serang)

Siregar, Ahmad Syarifuddin (2018) PENGARUH SHALAT DHUHA DAN TILAWAH JUZ 'AMMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8 Kota Serang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (LAMPIRAN)
Daftar Lampiran Halaman Depan.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (115kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (64kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB 2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB 3.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (62kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB 4.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB 5.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)
[img] Teks (COVER)
kaper TESIS.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstrak

Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Proses belajar memerlukan motivasi dalam pelaksanaannya, oleh karena itu guru harus berusaha membangkitkan motivasi belajar diantaranya dengan shalat dhuha dan tilawah surat-surat pendek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh shalat dhuha terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam ?, Bagaimana pengaruh tilawah Juz 'Amma terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam ?, Bagaimana pengaruh Shalat dhuha dan tilawah Juz 'Amma secara bersama-sama terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah ; 1) untuk mengetahui pengaruh shalat dhuha terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam. 2) Untuk mengetahui pengaruh tilawah Juz 'Amma terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam. 3) Untuk mengetahui pengaruh Shalat dhuha dan tilawah Juz 'Amma secara bersama-sama terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi parsial dan korelasi simultan serta teknik regresi linear berganda dengan bantuan program computer SPSS 16.00. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Terdapat pengaruh dari shalat dhuha terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y adalah 0,634, setelah dilakukan interpretasi terhadap tabel dalam kategori kuat. 2) Terdapat pengaruh dari tilawah Juz 'Amma terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y adalah 0,447, setelah dilakukan interpretasi terhadap tabel dalam kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh dari shalat dhuha dan tilawah Juz 'Amma terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Koefisiensi determinasi variabel X1, X2 dengan variabel Y adalah R2 = (0,605)2 = 0,366. Artinya 36,6 % motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel shalat dhuha dan tilawah Juz 'Amma. Sementara itu sisanya yaitu sebesar 63.4% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:18
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.