Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas XI (Research and Development di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang)

MUKHLISIN, AHMAD (2018) Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas XI (Research and Development di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
1. COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB)
[img] Teks (BAB I)
6. BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB)
[img] Teks (BAB II)
7. BAB II.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB)
[img] Teks (BAB III)
8. BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB)
[img] Teks (BAB IV)
9. BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (264kB)
[img] Teks (BAB V)
10. BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB)

Abstrak

Pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam merupakan keharusan agar efektivitas dan efesiensi pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam lebih maksimal. Oleh sebab itu upaya untuk melakukan pengembangan terhadap materi ajar Pendidikan Agama Islam harus didukung oleh berbagai pihak, terutama kepala sekolah, para guru dan para siswa. Dalam penelitian ini, masalah yang akan dikaji dan diteliti dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas XI di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang ? (2) Bagaimana kualitas hasil pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam aspek Fiqih Kelas XI di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang ? dan (3) Bagaimana respon siswa terhadap materi ajar Pendidikan Agama Islam aspek Fiqih Kelas XI yang telah dikembangkan di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang ? Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam aspek Fiqih Kelas XI di SMA Daar-El Falah Mandalawangi Pandeglang; (2) Kualitas hasil pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqh Kelas XI di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang. Metode Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun metode yang digunakan adalah metode pengembangan model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas XI pada materi memahami Hukum Islam tentang mu’amalah di SMA Daar El-Falah dilakukan melalui tahapan pengembangan yang telah ditetapkan, yaitu: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran; (2) menganalisis tujuan pembelajaran; (3) menganalisis karakteristik siswa; (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran; dan (5) mengembangkan instrument penilaian. Adapun prosedur penelitian pengembangan materi ajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI pada materi Memahami Hukum Islam tentang mu’amalah di SMA Daar El-Falah meliputi tahapan analisis, perencanaan, pengembangan, validasi, ujicoba produk dan revisi produk. Hasil validasi ahli materi, hasil validasi teman sejawat, hasil ujicoba perorangan yang dilakukan oleh siswa, dan hasil ujicoba kelompok terhadap materi ajar Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas XI mendapatkan nilai dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Materi Ajar PAI Kelas XI layak dijadikan bahan ajar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Daar El-Falah Mandalawangi Pandeglang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 15 Okt 2018 14:26
Perubahan Terakhir: 15 Okt 2018 14:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.