ASIKIN, JAENAL (2018) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Kegiatan Keagamaan Sekolah Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa(Penelitian ini di SMK Prima Mandiri Kramatwatu Kabupaten Serang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (85kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
abstrak.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (53kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (97kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (78kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (26kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (27kB) |
Abstrak
Pendidikan agama Islam dan Kegiatan Keagamaan bertujuan membentuk sikap pembinaan kepercayaan agama dan pembinaan akhlak, pentingnya keberagamaan seseorang yang tercermin dalam aplikasi perilaku keagamaan dan ibadah keseharian seseorang, dalam hal ini siswa tidak dapat diserahkan sepenuhnya pada keluarga, lembaga pendidikan dituntut berperan aktif dan lebih dalam mengembangkan serta meningkatkan nilai-nilai agama terhadap siswa. Pendidikan agama islam di Indonesia berakar kuat namun, bukan berarti tanpa masalah, kendati secara eksitensi disemua jenjang telah ada dan diakui, namun secara kualitas perlu diusahakan peningkatannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalahnya adalah : 1) Bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa?. 2) Bagaimana pengaruh kegiatan Keagamaan Sekolah terhadap perilaku siswa?. 3) Bagaimana pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Kegiatan Keagamaan Sekolah secara bersama sama terhadap Perilaku siswa? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap perilaku siswa. 3) untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam dan Kegiatan Keagamaan secara bersama-sama terhadap Perilaku siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis regresi ganda. Populasi terjangkau adalah siswa SMK Prima Mandiri yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa 158. Besar sampel sebanyak 39 siswa dari hasil perhitungan dengan menggunakan software SPSS V 23. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1) Pengaruh Pendidikan agama Islam di SMK Prima Mandiri Kramatwatu sebesar 31,9% dan sisanya 68,1% dipengaruhi faktor lain. 2) Pengaruh Kegiatan Keagamaan di SMK Prima Mandiri Kramatwatu sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Pengaruh Pendidikan agama Islam dan Kegiatan Keagamaan di SMK Prima Mandiri Kramatwatu terhadap perilaku menunjukan hubungan yang positif dengan pengaruh langsung (Rsquare) mempunyai pengaruh sebesar 44,9% sedangkan selebihnya 55,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Keagamaan, Perilaku |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 05 Mar 2018 09:10 |
Perubahan Terakhir: | 05 Mar 2018 09:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
Lihat Item |