Husnawati, Nadiyatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Flipbook Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI (Pre Eksperimen di Kelas V MI Al-Khairiyah Pabean Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240004_Cover.pdf Download (109kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_Lampiran Depan.pdf Download (665kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_BAB I.pdf Download (191kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (219kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (388kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (463kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_BAB V.pdf Download (154kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240004_Daftar Pustaka.pdf Download (175kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook digita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI. Penelitian ini dilakukan pada MI Al-Khairiyah Pabean. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan 14 butir soal essay dan 16 pernyataan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook digital memiliki nilai rata-rata 26,97 sedangkan setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook digital memiliki nilai rata-rata 79,53. Selain itu, dilakukan analisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t dan diperoleh hasil nilai sig sebesar 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan media flipbook digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Problem Based Learning (PBL), Flipbook digital, kemampuan berpikir kritis |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 14 Aug 2025 03:16 |
| Perubahan Terakhir: | 14 Aug 2025 03:16 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17340 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
