Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Flipbook Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI (Pre Eksperimen di Kelas V MI Al-Khairiyah Pabean Kota Cilegon)

Husnawati, Nadiyatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Flipbook Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI (Pre Eksperimen di Kelas V MI Al-Khairiyah Pabean Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240004_Cover.pdf

Download (109kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_Lampiran Depan.pdf

Download (665kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (219kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (463kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240004_Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook digita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI. Penelitian ini dilakukan pada MI Al-Khairiyah Pabean. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan 14 butir soal essay dan 16 pernyataan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook digital memiliki nilai rata-rata 26,97 sedangkan setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook digital memiliki nilai rata-rata 79,53. Selain itu, dilakukan analisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t dan diperoleh hasil nilai sig sebesar 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan media flipbook digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Problem Based Learning (PBL), Flipbook digital, kemampuan berpikir kritis
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Aug 2025 03:16
Perubahan Terakhir: 14 Aug 2025 03:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.