Anam, Fachrul (2025) Efektivias Penerapan Model Pembelajaran Flipeed Classroom terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMAN 5 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210138_Cover.pdf Download (133kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_Lampiran Depan.pdf Download (722kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_BAB I.pdf Download (286kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (697kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (720kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (465kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_BAB V.pdf Download (152kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210138_Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
Abstrak
Model pembelajaran flipped classroom merupakan salah satu bentuk model pembelajaran dari blanded learning. Model pembelajaran flipped classroom diartikan sebagai kelas terbalik yaitu siswa diatur dan diperkenakan dengan konsep yang sebelumnya sudah direkam melalui internet, video pembelajaran, e-book dan lain-lain di luar kelas seperti rumah, perpustakaan atau di manapun bahan ajar dapat diakses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembalajaran flipped classroom terhadapt motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis pre-experimental design tipe one group pretest-posttest design (tes awal – tes akhir kelompok tunggal). One group pretest-posttest design adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (post test).Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom belum pernah digunakan sebagai model pembelajaran. selain itu model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukan dari jumlah skor angket yang diperoleh pada saat penelitian. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji hipotesis komparatif motivasi belajar sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom didapatkan skor rata-rata 46,3% sedangkan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom didapatkan skor rata-rata sebanyak 84,6% sehingga diambil keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran flipped classroom.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Flipped Classroom |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Jun 2025 04:50 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Jun 2025 04:50 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16976 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
