Nur'afiah, Siti (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Karakter Pada Sopan Santun Peserta Didik (Studi di Kelas XI Akuntansi SMK Al-Falah Madani Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210192_COVER.pdf Download (503kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210192_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (849kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210192_BAB I.pdf Download (613kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210192_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (604kB) |
||
Teks
S_PAI_181210192_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (694kB) |
||
Teks
S_PAI_181210192_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (595kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210192_BAB V.pdf Download (310kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210192_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui penggunaan media sosial TikTok peserta didik, mengetahui karakter pada sopan santun peserta didik, dan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter pada sopan santun peserta didik di kelas XI Akuntansi SMK AL-Falah Madani Kota Serang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa dan pembaca mengenai pembinaan media sosial TikTok dan pengaruhnya terhadap karakter sopan santun peserta didik. Dan tentu sekaligus untuk membuktikan teori bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun peserta didik. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana karena melibatkan dua variabel yaitu penggunaan media sosial TikTok sebagai variabel bebas (X) dan karakter sopan santun sebagai variabel terikat (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik sebagai responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup, yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik sebesar 81% yang dimana nilai tersebut termasuk kategori baik. Karakter pada sopan santun peserta didik sebesar 83,6% yang dimana nilai tersebut termasuk kategori baik. Oleh karenanya terdapat pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter pada sopan santun peserta didik di kelas XI Akuntansi SMK Al-Falah Madani Kota Serang, Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji T dibantu program SPSS for Windows Ver. 26,0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00. Dikarenakan nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,597 dan dari output tersebut nilai koefisien determinasi (R square) memperoleh sebesar 0,356. Simpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (Penggunaan Media Sosial TikTok) terhadap variabel terikat (Karakter pada Sopan Santun Peserta Didik di kelas XI AKuntansi SMK Al-Falah Madani Kota Serang) sebesar 35,6% dan 64,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Sosial TikTok, Karakter Sopan Santun, Peserta Didik. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 29 Okt 2024 04:31 |
Perubahan Terakhir: | 29 Okt 2024 04:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15581 |
Actions (login required)
Lihat Item |