السكيزوفرينيا في قصة "الحلم الرائع" القصيرة لنجيب الكيلاني (دراسة أدبية نفسية)

Humaeroh, Siti (2024) السكيزوفرينيا في قصة "الحلم الرائع" القصيرة لنجيب الكيلاني (دراسة أدبية نفسية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360084_Cover.pdf

Download (412kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_BAB I.pdf

Download (790kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (848kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (817kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (856kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_BSA_201360084_Daftar Pustaka.pdf

Download (638kB)

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti membahas persoalan skizofrenia. Skizofrenia termanifestasikan ke dalam tiga bentuk yakni Id, Ego, dan Superego. Skizofrenia muncul karena karena ada masalah menyangkut psikologi seseorang yang disebabkan oleh beberapa faktor termasuk faktor keluarga dan lingkungan. Skizofrenia pada cerpen Mimpi Indah Karya Najib Kailani dipilih sebagai topik penelitian dengan menggunakan kajian psikologi sastra menurut Sigmund Frued karena menggambarkan kisah tokoh utama yang mengalami skizofrenia akibat permasalahan hidupnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut 1. Bagaimana konflik yang dialami oleh tokoh utama sehingga menyebabkan skizofrenia?, 2. Bagaimana Id, Ego, dan Superego tokoh utama dalam cerpen Mimpi Indah Karya Najib Kailani dengan teori psikologi Sigmund Frued. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penyebab skizofrenia pada tokoh utama dalam cerpen Mimpi Indah Karya Najib Kailani, mendeskripsikan perilaku alam bawah sadar Id, Ego, dan Superego pada tokoh utama menurut psikologi Sigmund Freud. Jenis yang digunakan adalah menggunakan jenis pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang tidak mengadakan perhitungan. Pendekatan kualitatif mengacu pada metode deskriptif yaitu metode yang tertuju pada pemecahan masalah yang bersifat apa adanya. Selain itu dapat diperoleh skizofrenia yang ada dalam cerpen mimpi indah karya Najib Kailani, Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu cerpen Mimpi Indah Karya Najib Al Kailani. Sedangkan Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa buku teori Psikologi Sigmund Frued, artikel, jurnal, makalah, dan lain sebagainya yang relevan untuk memperkuat argumentasi dan melengkapi hasil penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik simak dan catat. Analisis data dila0kukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa skizofrenia yang ditemukan dalam cerpen Mimpi Indah Karya Najib Kailani mencakupi Id, Ego, dan Superego. Penyebab terjadinya skizofrenia adalah faktor keluarga yang dilakukan oleh istri kepada suaminya yang sedang dipenjara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Skizofrenia, Psikologi Sastra, Cerpen
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jun 2024 02:58
Perubahan Terakhir: 24 Jun 2024 02:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.