Mayori, Rizka (2023) Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Pasca Pandemi (Studi Kasus pada UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_191510067_KPI_Cover.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_191510067_KPI_Lampiran Depan.pdf Download (837kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_191510067_KPI_Bab I.pdf Download (297kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_191510067_KPI_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
||
Teks
S_191510067_KPI_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (185kB) |
||
Teks
S_191510067_KPI_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (709kB) |
||
|
Teks
S_191510067_KPI_Bab V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_191510067_KPI_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pandemi covid-19 di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan lockdown atau pembatasan di tengah masyarakat. Pembatasan tersebut juga dilakukan pihak lembaga UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Nota Dinas oleh Rektorat tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Selain perkuliahan, kegiatan organisai turut tidak diperbolehkan membuat kualitas kinerja dan kuantitas pengurus dalam berorganisasi menurun pada masa pandemi. Rumusan masalah dalam skripsi ini ada dua yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi organisasi yang digunakan UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 2) Bagaimana peningkatan eksistensi UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten setelah menerapkan strategi komunikasi organisasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi UKM Pusat Riset Mahasiswa dan untuk mengetahui peningkatan eksistensi UKM Pusat Riset Mahasiswa setelah menerapkan strategi komunikasi orgaisasi. Metode penelitian dalam skripsi ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan teori komunikasi Lasswell dan model komunikasi lima langkah dari Hafied Cangara. Hasil penelitiannya UKM Pusat Riset Mahasiswa berhasil menerapkan proses strategi komunikasi dengan model lima langkah dari Hafied Cangara yaitu dengan penelitian, perencanaan, pelaksnakan, pengukuran dan pelaporan. Kemudian terjadi peningkatan eksistensi setelah dilakukannya strategi komunikasi organisasi. Peningkatan terjadi secara signifikan dengan persentase sebesar 57% pada tahun 2022 yang hanya mendapat 14 orang anggota baru meningkat ke tahun 2023 dengan jumlah anggota baru yaitu 22 orang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Eksisensi Pasca Pandemi, Organisasi, Strategi Komunikasi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2023 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13002 |
Actions (login required)
Lihat Item |