Efektivitas Strategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlaq.

Sabihah, Sabihah (2018) Efektivitas Strategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlaq. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (71kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (62kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
daftar isi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)
[img] Teks (COVER)
1.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAN 2 Kota Serang (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran Aqidah dan Akhlaq kelas XI di MAN 2 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol, jadi banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan analisis data tersebut menunjukan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari thitung yang berada pada daerah penerimaan Hi (thitung >ttabel atau 3,44> 2,39) yang berarti Ho diterima. Sedangkan dari hasil perhitungan homogenitas menunjukan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 134,39 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol yaitu 68,84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran peer lessons (kelas eksperimen) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, penerapan strategi pembelajaran peer lessons berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2018 01:05
Perubahan Terakhir: 07 Des 2018 01:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.