Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Critical Thinking Siswa (Studi Eksperimen di Mts Negeri 1 Serang Pada Pelajaran Akidah Akhlak)

Sulaehah, Indri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Critical Thinking Siswa (Studi Eksperimen di Mts Negeri 1 Serang Pada Pelajaran Akidah Akhlak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210021_Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_Lampiran Depan.pdf

Download (535kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (502kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PAI_201210021_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Critical Thinking Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Design with Nonequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Serang yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode disuksi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,53 sedangkan kelas kontrol yaitu memperoleh nilai 79,53. Hasil uji-t menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,011 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model CTL terhadap Critical Thinking Siswa kelas VII MTs Negeri 1 Serang

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Contextual Teaching and Learning (CTL), Critical Thinking Siswa, Akidah Akhlak
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2025 07:14
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2025 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16188

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.