Atsaru Tathbiiq Istirotijiyah ash-Shaf al-Maqlub (Flipped Classroom) Fii Qudroh at-Ta'allum al-Lazdati 'ala Durus al-Lugoh al-'Arobiyah

Farida, Putri Amelia (2023) Atsaru Tathbiiq Istirotijiyah ash-Shaf al-Maqlub (Flipped Classroom) Fii Qudroh at-Ta'allum al-Lazdati 'ala Durus al-Lugoh al-'Arobiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_191220059_Cover.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_Lampiran Depan.pdf

Download (880kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (571kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (590kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Teks
S_PBA_191220059_Daftar Pustaka.pdf

Download (411kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh penerapan strategi flipped classroom terhadap kemampuan belajar mandiri siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Al-Ma’arif Rancalutung Serang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode quasi eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan 20 item, wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Adapun pengaruh penerapan strategi flipped classroom dapat dilihat setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t test. Dan hasilnya menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata pada setiap kelas, dari 54,40 menjadi 67,15 pada kelas eksperimen dan dari 54,75 menjadi 63,75 pada kelas kontrol. Hasil uji N-Gain score diperoleh rata-rata sebesar 0,53 pada kelas eksperimen > 0,36 pada kelas kontrol dalam kategori sedang. Dan berdasarkan hasil perhitungan uji paired sampel t test diperoleh nilai sig (2-tailed) dengan nilai 0,00 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi flipped classroom terhadap kemampuan belajar mandiri pada pelajaran bahasa Arab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Strategi Flipped Classroom, Kemampuan Belajar Mandiri
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2023 03:12
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2023 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.