Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Pasca Pandemi (Studi Kasus pada UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Mayori, Rizka (2023) Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Pasca Pandemi (Studi Kasus pada UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_191510067_KPI_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Lampiran Depan.pdf

Download (837kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Bab I.pdf

Download (297kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (185kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (709kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Bab V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_191510067_KPI_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Pandemi covid-19 di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan lockdown atau pembatasan di tengah masyarakat. Pembatasan tersebut juga dilakukan pihak lembaga UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Nota Dinas oleh Rektorat tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Selain perkuliahan, kegiatan organisai turut tidak diperbolehkan membuat kualitas kinerja dan kuantitas pengurus dalam berorganisasi menurun pada masa pandemi. Rumusan masalah dalam skripsi ini ada dua yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi organisasi yang digunakan UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 2) Bagaimana peningkatan eksistensi UKM Pusat Riset Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten setelah menerapkan strategi komunikasi organisasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi UKM Pusat Riset Mahasiswa dan untuk mengetahui peningkatan eksistensi UKM Pusat Riset Mahasiswa setelah menerapkan strategi komunikasi orgaisasi. Metode penelitian dalam skripsi ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan teori komunikasi Lasswell dan model komunikasi lima langkah dari Hafied Cangara. Hasil penelitiannya UKM Pusat Riset Mahasiswa berhasil menerapkan proses strategi komunikasi dengan model lima langkah dari Hafied Cangara yaitu dengan penelitian, perencanaan, pelaksnakan, pengukuran dan pelaporan. Kemudian terjadi peningkatan eksistensi setelah dilakukannya strategi komunikasi organisasi. Peningkatan terjadi secara signifikan dengan persentase sebesar 57% pada tahun 2022 yang hanya mendapat 14 orang anggota baru meningkat ke tahun 2023 dengan jumlah anggota baru yaitu 22 orang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Eksisensi Pasca Pandemi, Organisasi, Strategi Komunikasi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 01:59
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.