Strategi Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi di SD Islam Tirtayasa dan Assa’adah Global Islamic School Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang)

Athiyyah, Fairuz (2022) Strategi Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi di SD Islam Tirtayasa dan Assa’adah Global Islamic School Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182410081_COVER.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182410081_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf

Download (737kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182410081_BAB I.pdf

Download (243kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182410081_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
T_MPI_182410081_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (120kB)
[img] Teks
T_MPI_182410081_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (798kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182410081_BAB V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182410081_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Munculnya fenomena minat masyarakat yang tinggi terhadap SD Islam Tirtayasa, sekolah favorit di Kecamatan Cipocok Jaya yang berdiri sejak tahun 2005 dan eksistensinya sampai saat ini serta kehadiran sekolah baru Assa‟adah Global Islamic School yang berdiri pada tahun 2016 mampu menunjukkan eksistensinya dengan tingginya minat masyarakat. Diihat dari fenomena saat ini, banyak bermunculan sekolah-sekolah swasta menawarkan fasilitas maupun program. Hal tersebut menunjukkan semakin ketatnya persaingan antar sekolah khususnya sekolah swasta. Namun dua sekolah yaitu SD Islam Tirtayasa dan Assa‟adah Global Islamic School mampu menarik minat masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tentunya juga dengan melakukan upaya pemasaran sekolah melalui strategi pemasaran jasa pendidikan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan kualitatif memfokuskan pada deskripsi penyusunan kalimat secara rinci dan terstruktur diawali dari pengumpulan data sampai menguraikan dan membuat laporan hasil penelitian. Penelitian ini menggambarkan variabel berkenaan fokus masalah dan digunakan untuk mengeksplorasi atau mengklarifikasi kejadian maupun fenomena yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud memperoleh penjelasan tentang strategi pemasaran jasa dan kualitas pelayanan pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat. Hasil penelitian strategi pemasaran jasa pendidikan di SD Islam Tirtayasa dilakukan melalui promosi di media sosial, penyebaran brosur, spanduk dan banner, serta pelibatan alumni dan orang tua. Strategi pemasaran jasa pendidikan Assa‟adah Global Islamic School fokus pada media sosial. Model strategi pemasaran jasa yang digunakan oleh kedua sekolah adalah tritunggal pemasaran. Pemasaran jasa melibatkan bauran pemasaran seperti product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan Model SERVQUAL (Service Quality) diukur melalui lima dimensi RATER (Reliability, Assurance, Tangibel, Empathy, Responsiveness). Strategi pemasaran jasa pendidikan penting dilakukan untuk mengenalkan sekolah agar minat masyarakat semakin meningkat. Kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan minat masyarakat. Kualitas pelayanan dipromosikan melalui strategi pemasaran. Adanya keterkaitan pemasaran jasa pendidikan dengan kualitas pelayanan pendidikan. Sekolah perlu mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan kemudian dipromosikan dan berpengaruh terhadap minat masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pemasaran Jasa, Kualitas Pelayanan Pendidikan, Minat Masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Okt 2022 02:06
Perubahan Terakhir: 05 Okt 2022 02:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.