PENGARUH E-PAYMENT DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Serang)

Handayani, Faroh (2022) PENGARUH E-PAYMENT DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Cover.pdf

Download (28kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Lampiran Depan.pdf

Download (698kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Bab I.pdf

Download (798kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410239_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (848kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Bab III.pdf

Download (621kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410239_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (924kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Bab V.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410239_Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Zakat merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap muslim. Pembayaran yang dilakukan melalui platform e-payment menjadi solusi yang mudah untuk dilakukan oleh setiap muslim dalam melakukan pembayaran zakat, khususnya generasi z yang dikenal sebagai generai teknologi. Selain kemudahan yang diberikan e-payment, setiap muslim generasi z juga perlu mengetahui mengenai financial literacy guna mengatur keuangan dalam kehidupan sehari-hari serta untuk tabungan baik didunia maupun diakhirat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah e- payment berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat? 2). Apakah financial literacy berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat? 3). Apakah e-payment dan financial literacy berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui pengaruh e-payment terhadap keputusan membayar zakat. 2). Mengetahui pengaruh financial literacy terhadap keputusan membayar zakat 3). Mengetahui pengaruh e- payment dan financial literacy terhadap keputusan membayar zakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer menggunakan kuesioner sebagai alat ukur penggunaan e-payment dan financial literacy terhadap keputusah membayar zakat. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling yang dilakukan terhadap 100 orang generasi z di Kota Serang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regeresi linear berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji parsial dan uji simultan. Hasil dari penelitian ini untuk uji parsial adalah bahwa variabel e- payment memiliki nilai thitung kurang dari ttabel atau 14,463 > 1,985 artinya e- payment berpengaruh secara parsial terhadap keputusan membayar zakat. Variabel financial literacy memiliki nilai thitung lebih dari ttabel atau 7,913 > 1,985 artinya financial literacy berpengaruh secara parsial terhadap keputusan membayar zakat. Sedangkan uji simultan untuk kedua variabel yaitu e-payment dan financial literacy memiliki nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel 106,109 > 3,089 artinya e-payment dan financial literacy berpengaruh secara simultan terhadap keputusan membayar zakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): E-Payment, Financial Literacy, Keputusan Membayar Zakat
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:20
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9408

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.