Sa’adah, Ninis (2022) Pengembangan Media Puzzle Tanda Baca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ( R&D di Kelas II ). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240048_COVER.pdf Download (77kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_BAB I.pdf Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_BAB II.pdf Download (317kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_BAB III.pdf Download (317kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_BAB IV.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_BAB V.pdf Download (9kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240048_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana med ia pembelajaran yang mempunyai fungsi untuk membantu memahami siswa dalam pembelajaran, khususnya kelas II SD/MI. Materi pokok yang dibahasa adalah pengenalan tanda baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengetahui tentang materi pengenalan tanda baca dalam pembelajaran, maka dibuatlah pengembangan media pembelajaran berupa media Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan media pembelajaran puzzle pada materi pengenalan tanda baca. (2) Menjelaskan tingkat kelayakan media pembelajaran media puzzle pada siswa kelas II SD Negeri Toyomerto 1. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dimana metode penelitian ini untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Brog and Gall. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa media pembelajaran puzzle materi pengenalan tanda baca. Dari hasil validasi media pembelajaran ini menunjukan kevalidan yang terbukti dengan persentase rata -rata hasil dari validasi ahli media 84% menyatakan sangat valid, dan hasil validasi ahli isi materi pembelajaran 80% menyatakan sangat valid. Hasil persentase tingkat kevalidan pada uji coba oleh ahli pembelajaran SD Negeri Toyomerto 1 menunjukan persentase 92% yang menyatakan sangat valid.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Puzzle, Tanda Baca |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:11 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
Lihat Item |