Fauziah, Septina (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Olahan Tempe Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510135_COVER.pdf Download (50kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (311kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_BAB I.pdf Download (307kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_BAB II.pdf Download (322kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_BAB III.pdf Download (282kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_BAB IV.pdf Download (348kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510135_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (708kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran produk olahan tempe di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah dalam mempertahankan pasar. Pondok Pesantren Miftahul Hidayah yang berada di kota Rangkasbitung merupakan sebuah pondok pesantren yang tidak hanya mendidik para santrinya dalam hal mengaji saja, tetapi menjadikan para santrinya untuk mandiri yaitu dengan cara membantu mengelola usaha produksi tempe yang dilakukan di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah. Dalam proses produksi tempe para santri setiap harinya dibagi tugas bergiliran dalam pembuatan dan juga pengiriman setiap harinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi komunikasi pemasaran produk olahan tempe Pondok Pesantren Miftahul Hidayah dalam meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan pasar, 2. Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung pemasaran produk olahan tempe Pondok Pesantren Miftahul Hidayah dalam mempertahankan pasar, 3. Bagaimana Penerapan Konsep Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Nilai Keislaman di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Rangkasbitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan proses yang dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan datang langsung ke tempat penelitian yaitu menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan jenis penelitian ini berdasarkan pokok masalah yang akan dikaji selanjutnya dalam proses pembuatan skripsi ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi pemasaran secara langsung dapat digunakan walaupun tidak menggunakan media untuk mempromosikannya. Akan tetapi dengan cara strategi harga, strategi produk, strategi distribusi, dan strategi promosi yang dapat terjangkau di kalangan para ulama di pondok pesantren, maka dari itu Pondok Pesantren Miftahul Hidayah telah memiliki pasar sendiri untuk menjajakan produknya tersebut. serta dengan cara selalu menjaga tali silahturahmi dan hubungan yang baik dan di kalangan masyarakat dan para ulama khususnya. Maka proses penjualan tempe pun akan terus berjalan dengan lancar. Penerapan nilai keislaman seperti sidiq, fatanah, tabligh, dan amanah. Serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Hal ini menunjukan bahwa produk tempe dari hasil tangan-tangan para santri dapat bersaing dengan baik dan mencapai keberhasilan tentunya dengan kerjasama yang baik antara pemilik usaha tempe dan para santrinya. Adapun dampak negatif yang dihadapi dalam hal ini dimana terdapat beberapa keluhan dari pelanggan mengenai tingkat kepadatan tempe dan produksi yang gagal, namun semua itu dapat diatasi oleh pemilik usaha dengan adanya kerjasama yang baik dengan para santrinya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Komunikasi Pemasaran, Produksi Tempe |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 02:22 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 03:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9124 |
Actions (login required)
Lihat Item |