Bimbingan Membaca Al-Quran melalui Metode Al-Barqy untuk Meningkatkan Tahsin Siswa Kelas VII di MTs An-Nahl Kota Serang

Yunus, Yunus (2022) Bimbingan Membaca Al-Quran melalui Metode Al-Barqy untuk Meningkatkan Tahsin Siswa Kelas VII di MTs An-Nahl Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Cover.pdf

Download (141kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Lampiran Depan.pdf

Download (503kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Bab I.pdf

Download (253kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210014_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Bab III.pdf

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210014_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (665kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Bab V.pdf

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210014_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahsin membaca Al-Quran kelas VII di Mts An-Nahl Kota Serang, dan untuk mengetahui bimbingan membaca Al-Quran melalui metode Al-Barqy untuk meningkatkan tahsin pada siswa-siswi kelas VII di Mts An-Nahl kota serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu pedoman observasi, pedoman tes, pedoman wawancara, pembimbing membaca Al-Quran, guru pedamping, dan kepala sekolah. Dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, laporan penelitian yang relevan dan data-data sekolah yang berisi profil dan sejarah MTs An-Nahl Kota Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Siswa sudah mampu mempraktikkan tahsin dalam membaca Al-Quran. Ditinjau dari indikatornya yaitu kelancaran membaca Al-Quran, kemampuan makhroj dan kemampuan tajwid dengan baik. 2) Bimbingan membaca Al-Quran melalui metode Al-Barqy dapat meningkatkan tahsin siswa dengan memiliki skor N-Gain 0,81 yaitu kategori tinggi. Dalam memahami kata lembaga (ADARAJA), membedakan bentuk bunyi, mengenal syakal tanwin, mengenal huruf transfer, mengenal bacaan mad, mengenal bacaan sukun, mengenal bacaan huruf ganda, dan mengenal huruf bacaan hruf qomariyah dan syamsiyah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Membaca Al-Quran, Metode Al-Barqy, Kemampuan Tahsin
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 04:41
Perubahan Terakhir: 29 Jul 2022 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.