ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM DI KECAMATAN CARITA KABUPATEN PANDEGLANG)

Novianti, Fuji (2022) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM DI KECAMATAN CARITA KABUPATEN PANDEGLANG). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (211kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (453kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (346kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (425kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (319kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (846kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Carita untuk mengetahui apakah variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM di Kecamatan CaritaKabupaten pandeglang. Variabel yang diteliti yaitu orientasi kewirausahaan (X1), orientasi pasar (X2), inovasi produk (X3) dan kinerja pemasaran (Y). Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Seberapa besarkah pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara parsial?. 2). Sebarapa besarkah pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara simultan? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui secara parsial pengaruh oreintasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. 2). Untuk mengetahui secara simultan pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda di mana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas serta menggunakan uji statistik diantaranya uji koefisien regresi, uji t dua sisi karena diduga ada pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Kesimpulannya pengujian hipotesis orientasi kewirausahaan diketahui nilai thitung 0,260 < ttabel 1,988 dengan demikian maka tidak terdapat pengaruh positif antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Pengujian hipotesis orientasi pasar diketahui nilai thitung 4,267 > ttabel 1,988 dengan demikian maka terdapat pengaruh positif antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Pengujian hipotesis inovasi produk diketahui nilai thitung 2,633 < ttabel 1,988 dengan demikian maka tidak terdapat pengaruh positif antara inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Setelah dilakukan analisis secara statistik diketahui bahwa persamaan regresi berganda Y = 4,283 + 0,133X1 + 0,296X2 + 0,167X3 + e. Nilai F diketahui sebesar Fhitung 8,423 > Ftabel 2,71 dengan demikian maka terdapat pengaruh secara simultan antara orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Nilai R sebesar 0,386 yang artinya hubungan antara orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk tinggi atau kuat. Nilai R2 yaitu 38,6% hal ini berarti jumlah orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk sisanya 61,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Wazin, M.Si. Pembimbing II Surahman, M.E.
Kata Kunci (keywords): orientasi keiwrausahaan, orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2022 06:44
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2022 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.