Istiqomah, Istiqomah (2022) Pengembangan Multimedia (Video) Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Yang Berkesulitan Membaca Kelas III SDN Pecakur. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Istiqomah. 171240048. Pengembangan Multimedia (Video) Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Yang Berkesulitan Membaca Kelas III SDN Pecakur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dalam pendidikan Sekolah Dasar pecakur pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran interaktif materi membaca permulaan berdasarkan penilaian dari kesepakatan IRR dari ke III ahli validasi mendapatkan hasil presentase 82% dengan kriteria ’’sangat layak’’. Serta respons dari peseta didik kelas 3 dengan presentase 83,8% dengan kriteria ’’sangat layak’’. Jadi dapat disimpulkan video pembelajaran interaktif ’’layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Setelah menggunakan media pembelajaran ini diharapkan dapat memfasilitasi siswa maupun guru sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Membaca Permulaan, Video Interaktif, Disleksia |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jan 2022 06:51 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jan 2022 06:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
Lihat Item |