Pengembangan Media Dakonmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Siswa Kelas IV SD/MI

Octaviyah, Lailatul (2021) Pengembangan Media Dakonmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Siswa Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (270kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (685kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Lailatul Octaviyah. 171240037. 2021. Pengembangan Media Dakonmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Siswa Kelas IV SD/MI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media dakonmatika dan untuk menghasilkan produk berupa dakonmatika yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep Kelipatan persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di SDN Jerang Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D (four D Models) menurut teori Thiagarajan, yaitu define (pendefininisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes dan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 12 siswa kelas IV SDN Jerang Ilir. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan kelayakan media dakonmatika memperoleh skor persentase sebesar 82% dari ahli media dan skor 98% dari ahli materi dengan kategori “sangat layak.” Keefektifan media dakonmatika dilihat dari hasil belajar siswa dengan melihat peningkatan hasil pre- test dan post-test yaitu 0,703 dan termasuk klasifikasi tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media dakonmatika layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep KPK dan FPB siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Dakonmatika, Pemahaman konsep KPK dan FPB
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Des 2021 01:47
Perubahan Terakhir: 24 Des 2021 01:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7798

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.