Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang)

Anggreani, Devi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN EPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (266kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB)
[img] Teks
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (481kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Devi Anggraeni. 161240072. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepasifan siswa ketika proses pembelajaran, serta guru kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran dan guru hanya menggunakan alat peraga yang terdapat didalam kelas saja. Sehingga pembelajaran itu kurang inovatif, siswa kurang semangat dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang gaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu observasi, perencanaan, tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 55%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI, IPA
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Nov 2020 07:13
Perubahan Terakhir: 19 Nov 2020 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.