Luthfiyani, Junda (2020) Optimalisasi Pembelajaran Khat Araby (Kaligrafi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Siswa (Studi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER SKRIPSI JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
HALAMAN DEPAN SKRIPSI JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (654kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (400kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (862kB) |
||
Teks
BAB III JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) |
||
Teks
BAB IV JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (441kB) |
||
|
Teks
BAB V JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA JUNDA LUTHFIYANI (161210106).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (230kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Junda Luthfiyani. NIM 161210106, judul skripsi Optimalisasi Pembelajaran Khat Araby (Kaligrafi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Siswa (Studi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Khat Araby (kaligrafi) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang, keterampilan menulis Al-Qur’an siswa dan untuk mengetahui optimalisasi pembelajaran Khat Araby (kaligrafi) untuk meningkatkan keterampilan menulis Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu guru Khat Araby (kaligrafi), guru bidang study Al-Qur’an dan Hadits, kepala madrasah, guru bidang kesiswaan, dan dua orang siswa kelas XI Keagamaan 2. Dan sumber data sekunder yaitu 8 orang siswa yang dapat mempresentasikan seluruh siswa kelas XI Keagamaan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran Khat Araby (kaligrafi) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, metode pembelajaran yang sering digunakan dan sangat efektif adalah metode demonstrasi dan metode meniru sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai tujuan yang diinginkan. 2) Keterampilan menulis Al-Qur’an siswa semakin hari semakin membaik seperti siswa sudah mampu menirukan dan menulis berbagai macam jenis Khat dengan bagus dan halus, meminimalisir kesalahan penulisan ayat Al-Qur’an atau bahasa Arab serta meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Keagamaan yang berkaitan dengan menulis Al-Qur’an. 3) Optimalisasi pembelajaran Khat Araby (kaligrafi) untuk meningkatkan keterampilan menulis AlQur’an siswa ketika siswa memiliki niat yang lurus untuk belajar, sesungguhan, pemberian tugas dan latihan menulis secara terus-menerus
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci : Optimalisasi, Pembelajaran, Khat Araby (kaligrafi), keterampilan, menulis Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Aug 2020 03:03 |
Perubahan Terakhir: | 18 Aug 2020 03:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5442 |
Actions (login required)
Lihat Item |