Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Eksperimen di kelas XI MAN 1 Kota Serang).

Hendra, Hendra (2019) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Eksperimen di kelas XI MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks (COVER)
COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (44kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (39kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (45kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (75kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)

Abstrak

ABSTRAK Nama: Hendra, NIM: 142101875. Judul Skripsi: Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Eksperimen di kelas XI MAN 1 Kota Serang). Kegiatan belajar mengajar adalah suatu interaksi yang bernilai pendidikan yang di dalamnya terjadi interaksi edukatif antara guru dan anak didik. Ketika guru menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa di kelas siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh pendidik, respon siswa saat kegiatan belajar mengajar terbilang rendah sehingga nilai ulangan harian siswa kelas XI masih banyak yang dibawah KKM (70). Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen setelah diterapkan metode reitasi 2). Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelompok kontrol dan eksperimen setelah diterapkan metode resitasi Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan pelajaran dengan memberikan tugas tertentu kepada siswa yang dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas, di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel atau di rumah Hipotesis pada penelitian ini adalah 1). : H_0 =0 Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran aqidah akhlak. H_0 ≠0 terdapat perbedaan yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran aqidah akhlak Metode penelitian yag digunakan dalam penelitian iniadalah quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test kelompok kontrol tanpa acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA A pada kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, hal tersebut terlihat nilai thitung sebesar 4,04 lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 0,01 yaitu 2,39. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung berada pada daerah penerimaan Hi maka Hi dapat diterima, dengan demikian dapat diartikan bahwa setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan metode resitasi hasil belajar siswa menjadi lebih baik secara signifikan dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2019 07:58
Perubahan Terakhir: 27 Feb 2019 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.