Musitoh, Musitoh (2018) Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Materi Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDIT Al-Hidayah” (Studi di SDIT Al-Hidayah Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI Musitoh.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (51kB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (168kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III1.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (75kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB Vv.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) |
Abstrak
Penelitian ini berawal dari keprihatinan terhadap rendahnya minat siswa pada mata pelajaran PJOK khususnya pada materi bola voli. Sehingga peneliti mencoba untuk mencari alternatif atau pemecahan masalah dari kasus tersebut melalui judul “Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Materi Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDIT Al-Hidayah”. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perumusan masalah yang dibuat oleh peneliti adalah 1). apakah penggunaan permainan kecil dalam pemanasan pada pembelajaran Penjaskes tentang Bola Voli berpengaruh terhadap minat belajar siswa? dan 2). bagaimanakah minat belajar siswa pada pembelajaran Penjaskes tentang materi Bola Voli di SDIT Al-Hidayah? Adapun tujuan yang diharapkan peneliti adalah 1). untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap minat siswa belajar Penjaskes pokok bahasan Bola Voli. 2). untuk mengetahui aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran Penjaskes dengan mengguanakan permainan kecil dalam pemanasan di SDIT Al-Hidayah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan tes praktik. Dari hasil tersebut kemudian dicari hasil mean, simpangan baku, varians, dan perhitungan sesuai rumus untuk mencari hasil variabel X maupun variabel Y. Kesimpulan dari penelitian ini hasil post-test (variabel X) didapatkan kelas eksperimen χ2hitung = 3,71 dan χ2tabel = 11,07048, dan kelas kontrol didapatkan χ2hitung = 6,59 dan χ2tabel = 11,07048 yang menjadikan χ2hitung> χ2tabel, maka sampel dan populasi dari variabel X baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, dan hasil penelitian terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes (variabel Y) didapatkan kelas eksperimen y^2hitung = 6,88 dan y^2tabel = 11,07048, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh y^2hitung = 3,59 dan y^2tabel = 11,07048, maka dapat dikatakan bahwa sampel dari populasi minat siswa pada mata pelajaran PJOK (variabel Y) juga berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan kedua hasil perhitungan tersebut maka didapatkan adanya pengaruh yang positif permainan kecil terhadap minat siswa mengikuti pelajaran PJOK pada materi bola voli.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2018 00:50 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2018 00:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2917 |
Actions (login required)
Lihat Item |