MODEL PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI MADRASAH DALAM MENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN (Studi kasus di MTs Al-Khairiyah, MTs Nasrul Ulum dan MTs Al-Jauharotunnaqiyah Kota Cilegon)

WAHYUDIN, WAHYUDIN (2017) MODEL PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI MADRASAH DALAM MENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN (Studi kasus di MTs Al-Khairiyah, MTs Nasrul Ulum dan MTs Al-Jauharotunnaqiyah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
caver tesis.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK revisi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II Baru.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB)

Abstrak

Penelitian tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pendidikan, yaitu (1) aspek yang berpengaruh terhadap pengembangan budaya Organisasi sekolah dibatasi pada ruang lingkup manajemen sekolah serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya; (2)Kondisi obyektif lingkungan sekolah MTs Se-Kecamatan purwakarta; dan (3) Strategi pengembangan Budaya Organisasi sekolah. Adapun kegunaanya adalah untuk memberikan gambaran tentang pemahaman pengembangan Budaya Organisasi sekolah serta memberikan kontribusi kepada perkembangan ilmu pengetahuan. Untuk mencapai tujuan tersebut Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif,Tempat penelitian adalah MTs Swasta Se-Kecamatan Purwakarta, sumber datanya adalah kepala sekolah dan Guru, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif serta dibantu dengan pengkajian melalui observasi, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah selaku pimpinan dan manajer memiliki kapabilitas dalam mengkoordinasikan seluruh komponen sekolah sehingga dapat mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan peningkatan mutu sekolah sesuai dengan rencana yang telah dirumuskan, pelaksanaan program pengembangan sekolah yang konsisten terhadap program yang telah dirumuskan, pengawasan atau kontrol yang objektif dan berkesinam-bungan, serta evaluasi program yang mengacu kepada program serta diarahkan demi perbaikan pengembangan sekolah akan melahirkan iklim kerja yang kondusif; yang seluruhnya berpe-ngaruh terhadap pembentukan kultur sekolah yang berorientasi kepada mutu; (2) kondisi obyektif lingkungan MTs se-kecamatan Purwakarta pada dasarnya memberikan pengaruh terhadap pengembangan mutu sekolah, serta para siswa sebagai subjek pendidikan me-rupakan faktor-faktor yang menentukan terbentuknya budaya Organisasi sekolah yang baik serta telah dapat membangun budaya sekolah yang berorientasi ke-pada peningkatan mutu; (3) pada dasarnya MTs Se-Kecamatan Purwakarta telah memiliki budaya organisasi sekolah positif yang dapat dijadikan landasan bagi pengembangan layanan sekolah, tradisi-tradisi positif yang berkembang di kalangan siswa dan guru merupakan landasan kokoh bagi terciptanya budaya organisasi sekolah yang baik meskipun pada beberapa konteks ternyata pula MTs Se-Kecamatan Purwakarta belum dapat menumbuhkan dan mengembangkannya dengan baik, terutama dalam pe-ngembangan budaya prestasi baik di kalangan siswa maupun kalangan guru dan warga sekolah lainnya di karenakan adanya keterbatasan sarana dan prasarana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Budaya, Organisasi dan mutu
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:15
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.