PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENETAP DI PESANTREN DENGAN YANG TIDAK MENETAP DI PESANTREN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi di MTs Ashhabul Maimanah Sampang Susukan Tirtayasa Serang)

Subhan, Subhan (2018) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENETAP DI PESANTREN DENGAN YANG TIDAK MENETAP DI PESANTREN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi di MTs Ashhabul Maimanah Sampang Susukan Tirtayasa Serang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (43kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB I I tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (111kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB I I I tesis revisi 2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV-V tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB)

Abstrak

Motivasi siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, serta tidak akan lepas dari lingkungan yang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran pada siswa. Latar belakang tempat tinggal siswa juga dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis mengenai perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang menetap di pesantren dan yang tidak menetap di pesantren. Hipotesis penelitian ini meliputi : 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menetap di pesantren dan yang tidak menetap di pesantren pada mata pelajaran bahasa arab. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menetap di pesantren dan yang tidak menetap di pesantren pada mata pelajaran bahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ashhabul Maimanah Tirtayasa semester genap tahun pelajaran 2017-2018. Besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa sebanyak 45 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas; dan dokumentasi hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai ulangan harian siswa; Analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah :1) Motivasi belajar siswa yang menetap di Pesantren lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang tidak menetap di Pesantren, hal tersebut ditunjukkan dengan siswa yang menetap di Pesantren lebih aktif dalam belajar bahasa arab dibandingkan dengan siswa yang tidak menetap di Pesantren. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata nilai motivasi belajar siswa yang menetap di Pesantren sebesar 156,69 sedangkan motivasi belajar siswa yang tidak menetap di Pesantren sebesar 154,23. 2) Hasil belajar siswa yang menetap di Pesantren lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menetap di Pesantren. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menetap di Pesantren sebesar 80,47 sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menetap di Pesantren sebesar 71,46. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab antara siswa yang menetap di Pesantren dengan yang tidak menetap di Pesantren dengan taraf signifikansi sebesar 0,045. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab antara siswa yang menetap di Pesantren dengan yang tidak menetap di Pesantren dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:18
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.