Siti, Imasari (2018) Efektifvtas Media Lingkaran Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (205kB) |
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
depan.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (58kB) |
|
Teks (FULL SKRIPSI)
isi.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (534kB) |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an, baik dari segi makhroj maupun dari segi tajwid. Hal tersebut di karenakan pada saat proses pembelajaran BTQ banyak siswa yang tidak hadir , kurang perhatian dari guru yang mengajar BTQ yang menyebabkan banyak kesalahan siswa dalam membaca Al-Qur’an, misalnya ada beberapa siswa yang masih kurang lancar tajwidnya, terbata-bata dalam membaca ayat Al-Qur’an, belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar yaitu terkadang bacaan mad tidak dibaca panjang dan yang seharusnya pendek dibaca panjang, terkadang hukum bacaannya ikhfa dibaca idzhar atau sebaliknya.Untuk itu seorang guru BTQ memilih media yang bisa membantu peserta didik untuk memahami tajwid dengan mudah, salah satunya memilih media lingkaran tajwid. Dimana media ini merupakan media yang berisi pelafalan mengenai hukum tajwid dan mudah dibuat serta mudah digunakan. Perumusan Masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penggunaan media lingkaran tajwid di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa. 2. Bagaimana proses pembelajaran BTQ di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa. 3. Upaya apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran BTQ. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penggunaan media lingkaran tajwid di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa. 2. Untuk mengetahui proses pembelajaran BTQ di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa. 3.Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran BTQ. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Kesimpulan utama yang diperoleh dari hasil penelitian adalah Penggunaan media lingkaran tajwid di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa, cukup baik. Proses pembelajaran BTQ di SMP Mathla’ul Anwar Tigaraksa begitu kondusif, hal ini dibuktikan dengan peserta didik antusias saat mengikuti proses pembelajaran.Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran BTQ, yaitu dengan cara: menegur, menasehati dan memberikan hukuman mencari hukum tajwid dan menghafalnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 08:34 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 08:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2687 |
Actions (login required)
Lihat Item |