Nuranggraini, Shifa (2018) Pendekatan Logoterapi pada Anak Tunarungu Korban Bullying (Studi Kasus di Sekolah Khusus (Skh) Negeri 01 Pembina Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Teks (COVER)
cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (81kB) |
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
pernyataan skripsi finish.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (636kB) |
|
Teks (BAB I)
bab 1 revisi beres.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (47kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II beres.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (35kB) |
|
Teks (BAB III)
Bab III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) |
|
Teks (BAB IV)
Bab IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (27kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) |
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang Pendekatan Logoterapi Anak Tunarungu Korban Bullying Studi Kasus di Sekolah Khusus (SKh) Negeri 01 Pembina Pandeglang. Anak tunarungu merupakan anak yang memiliki hambatan dalam pendengaran yang sedimikian rupa. Sehingga hal ini menjadi salah satu hambatan saat mereka berkomunikasi, selain itu tidakan bullying rawan terjadi pada anak-anak berkebutuhan khusus terutama pada anak tunarungu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kondisi psikologis siswa tunarungu korban bullying? 2)Bagaimana upaya guru dalam menerapkan tahapan logoterapi pada anak tunarungu korban bullying? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan bagaimana keadaan psikologis siswa tunarungu korban bullying. 2) Untuk menjelaskan bagaimana upaya guru dalam menerapkan tahapan logoterapi pada anak tunarungu korban bullying Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif dan penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, makadapatdisimpulkanbahwa: 1)Pendekatan logoterapi dengan metode konseling individu yang dilakukan oleh guru, kepada siswa tunarungu korban bullying telah memberikan dampak yang positif. Sehingga dapat membantu siswa tunarungu mengembangkan bakat serta bisa memaknai bahwa kehidupan mereka harus menata masa depan dan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran yang berharga. 2) Langkah-langkah pendekatan logoterapi dengan metode konseling individu yaitu: pembinaan rapport atau dikatakan tahap perkenalan (attending), open dialog (atau identifikasi masalah), penyampaian masalah klien, menyamakan persepsi dan mencari jalan keluar dan terakhir adalah evaluasi. Perubahan sikap yang timbul pada diri siswa setelah dilakukannya konseling dengan pendekatan logoterapi telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai seperti: memiliki tujuan hidup yang jelas, hubungan antar pribadi yang akrab, kepribadian yang baik,dan ketentraman hidup yang ingin di capai.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Mei 2018 07:16 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 03:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2150 |
Actions (login required)
Lihat Item |