Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Bahasan Susunan Tata Surya

Umdatussalik, Umdatussalik (2025) Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Bahasan Susunan Tata Surya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240020_Cover.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Bab I.pdf

Download (417kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (924kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (544kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Bab V.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240020_Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar kognitif siswa pada bahasan susunan tata surya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Kuasi Eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan jumlah sampel 58 siswa, penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VI A yang berjumlah 29 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VI B berjumlah 29 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 49,90. Setelah diberi perlakuan dengan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa, nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan menjadi 83,48. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 63,90. Dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 70,76. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran ipa sekolah dasar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada bahasan susunan tata surya di SDN Kademangan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media animasi, pembelajaran IPA, hasil belajar kognitif, susunan tata surya
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2025 08:01
Perubahan Terakhir: 25 Aug 2025 08:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.