Miskah, Miskah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 2 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240036_COVER.pdf Download (232kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (641kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_BAB I.pdf Download (334kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (352kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (548kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (425kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_BAB V.pdf Download (235kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa serta mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kabupaten Serang yang bertempat di Jl. Raya Pandeglang Km.13 desa Sukamanah, kecamatan Baros, kabupaten Serang, provinsi Banten Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah semua kelas v MIN 2 Kabupaten Serang dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, yaitu 25 siswa kelas Vc. Teknik pengumpulan data berupa tes yang sudah di uji coba atau tervalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis siswa rendah dilihat dari hasil rata-rata pretest 45,20, sedangkan setelah menggunakan model embelajaran berbasis masalah, keterampilan siswa meningkat dilihat dari hasil rata-rata posttest sebesar 68,72. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan taraf signifikan 0,05 menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v MIN 2 kabupaten Serang.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Siswa Kelas V MIN 2 Kabupaten Serang. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 14 Aug 2025 07:14 |
| Perubahan Terakhir: | 14 Aug 2025 07:14 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17352 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
