Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 2 Kabupaten Serang.

Miskah, Miskah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 2 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240036_COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa serta mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kabupaten Serang yang bertempat di Jl. Raya Pandeglang Km.13 desa Sukamanah, kecamatan Baros, kabupaten Serang, provinsi Banten Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah semua kelas v MIN 2 Kabupaten Serang dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, yaitu 25 siswa kelas Vc. Teknik pengumpulan data berupa tes yang sudah di uji coba atau tervalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis siswa rendah dilihat dari hasil rata-rata pretest 45,20, sedangkan setelah menggunakan model embelajaran berbasis masalah, keterampilan siswa meningkat dilihat dari hasil rata-rata posttest sebesar 68,72. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan taraf signifikan 0,05 menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v MIN 2 kabupaten Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Siswa Kelas V MIN 2 Kabupaten Serang.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 14 Aug 2025 07:14
Perubahan Terakhir: 14 Aug 2025 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.