Asil, Ifatul (2024) Efektivitas Metode Gestural Prompts pada Materi Hurtuf Hijaiyah terhadap Kemampuan Mengaji Siswa Tunarungu (Studi di SKh Al-Khairiyah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210064_Cover.pdf Download (225kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_Lampiran Depan.pdf Download (534kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_BAB I.pdf Download (339kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (858kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (707kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (519kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_BAB V.pdf Download (248kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210064_Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini ialah bahwa setiap warga negara Indonesia berhak atas pendidikan yang sama, termasuk anak berkebutuhan khusus tanpa terkecuali. Salah satu anak berkebutuhan khusus yang berhak atas pendiidkan yaitu anak tunarungu. Anak tunarungu merupakan anak yang memiliki gangguan atau hambatan dalam hal pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan mengaji siswa tunarungu, untuk menganalisis sejauh mana efektivitas metode gestural prompts pada materi huruf hijaiyah terhadap kemampuan mengaji siswa tunarungu, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode gestural prompts di SKh Al-Khairiyah Kota Cilegon dan manfaat dari penelitian ini dapat memberikan pengetahuan tentang metode gestural prompts pada materi huruf hijaiyah yang dapat menjadi solusi terhadap rendahnya kemampuan mengaji siswa tunarungu, dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan kemampuan mengaji siswa tunarungu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode gestural prompts pada huruf hijaiyah di SKh Al-Khairiyah Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimental pre test post test design. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, memberikan pre test dan post test kepada siswa tunarungu sebagai sampel penelitian dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas konstruk dan uji wilcoxon untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau pada metode gestural prompts pada huruf hijaiyah terhadap kemampuan mengaji siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mengaji siswa tunarungu sebelum diberikan perlakuan (pre test) memiliki rata-rata sebesar 43,33 yang berasal dari 3 siswa yaitu kukuh dengan nilai pre test sebesar 50, Gilang 43, dan Putri 37. Kemudian terjadi peningkatan setelah diberikan perlakuan (post test) menjadi 94 yang berasal dari 3 siswa yaitu Kukuh dengan nilai post test sebesar 97, Gilang 95, dan Putri 90. Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,43 yang berarti metode gestural prompts efektif meningkatkan kemampuan mengaji siswa tunarungu di Skh Al-Khairiyah Kota Cilegon. Simpulan penelitian ini bahwa metode gestural prompts terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengaji siswa tunarungu khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, metode gestural prompts pada materi huruf hijaiyah perlu terus diterapkan di berbagai sekolah khusus untuk mendorong peningkatan kemampuan mengaji bagi siswa tunarungu.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Metode Gestural Prompts, Huruf Hijaiyah, Kemampuan Mengaji, Tunarungu |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 13 Aug 2025 07:42 |
| Perubahan Terakhir: | 13 Aug 2025 07:42 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17321 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
