Wulaningtyas, Syifa (2025) Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar” (Studi SDN Cipocok Jaya 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240045_COVER.pdf Download (190kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (980kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_BAB I.pdf Download (192kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (481kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (311kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (416kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_BAB V.pdf Download (91kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240045_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap kemampuan pemahaman siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pendekatan Kuasi Eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan jumlah sampel 60 siswa, penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu III A berjumlah 30 sebagai kelompok kontrol dan III B berjumlah 30 sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil yang menggunakan media powerpoint dibandingkan dengan media lain, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga diterima. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 55,80. Setelah diberi perlakuan dengan penggunaan media powerpoint, nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan menjadi 86,63. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 55,97. Dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 63,27. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka terdapat pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas III sekolah dasar.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Powerpoint, Kemampuan Pemahaman Siswa, Pendidikan Pancasila |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2025 08:26 |
| Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2025 08:26 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17123 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
