Nurhasanah, Annisa (2024) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen Di Mts Negeri 4 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210023_COVER.pdf Download (101kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (402kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_BAB I.pdf Download (208kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (205kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (348kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_BAB V.pdf Download (14kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210023_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak, (2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak, (3)pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Serang. Desain penelitian ini menggunakan Post-Test Only Group Design. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dengan menggunakan tes sebagai instrumennya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTsN 4 Serang. Kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Tujuan dari hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kemampuan hasil belajar siswa pada hasil post-test kelas eksperimen mendapat skor nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 dan untuk hasil post-test kelas kontrol nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 (2) pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw berjalan efektif sesuai sesuai dengan kemampuan siswa dengan nilai rata-rata sebesar85,70 dan untuk skor nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 81,35. (3) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan keputusan uji t-test yaitu Jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jika nilai signifikansi (2-tailed) >0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Tabel uji independen sample t-test yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,11 > 0,05 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Akidah Akhlak. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 17 Jun 2025 08:33 |
| Perubahan Terakhir: | 17 Jun 2025 08:33 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16995 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
