Pengembangan Media Pop-Up Book Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Caringin 1 Pandeglang

Aulia, Lina (2025) Pengembangan Media Pop-Up Book Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Caringin 1 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240079_COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (857kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (292kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (679kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (837kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Pop-Up Book pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta mengetahui kelayakan dari validator, guru dan peserta didik. penelitian ini dilakukan di Kelas V SD Negeri Caringin 1 yang melibatkan 20 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model Penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator memperoleh nilai rata-rata 85%, hasil reliabilitas tersebut sudah memenuhi kriteria yaitu 80% dan termasuk sangat layak. Serta hasil uji coba kepada peserta didik menunjukkan efektivitas memperoleh nilai rata-rata 85. Hasil uji-t dengan metode dependent sample t-test, dapat diperoleh nilai Signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test. Dengan ini dapat dikategorikan bahwa media Pop-Up Book efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pop-Up Book, Berpikir Kritis, Materi Bangun ruang
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 17 Jun 2025 04:22
Perubahan Terakhir: 17 Jun 2025 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.