Bahrama, Bahrama (2025) تطوير الكتاب الدراسي لتدريس علم الصرف (بحث تطويري في الصف الحادي عشر بمدرسة دار الفلاح سيرانج بنتن). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_Cover.pdf Download (259kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_Lampiran Depan.pdf Download (6MB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_BAB I.pdf Download (358kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (290kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (686kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_BAB V.pdf Download (142kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220036_Daftar Pustaka.pdf Download (653kB) |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah bahan ajar yang terbatas dan buku latihan siswa dalam mengajar kaidah-kaidah ilmu shorof, karena bahan ajar yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, peneliti mempresentasikan pengembangan buku ajar untuk pengajaran ilmu shorof. Karena didalam kitab tersebut bahan ajarnya tidak mencukupi, maka buku ini akan membantu siswa dalam proses pengajaran ilmu shorof. Beberapa rumusan masalah: 1) Bagaimana pengembangan buku ajar di Madrasah Daarul Falah Serang Banten; 2) Bagaimana efektivitas buku ajar di Madrasah Daarul Falah Serang Banten; 3) Bagaimana validitas buku ajar di Madrasah Daarul Falah Serang Banten?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku ajar dalam pengajaran ilmu shorof, efektivitasnya dan validitasnya. di Madrasah Daarul Falah Serang Banten dalam pengajaran ilmu shorof. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode research dan development dan menggunakan tatacara Borg & Gall, yakni analisis kebutuhan dan kesulitan, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikan produk dan ujicoba produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pengembangan buku ajar dalam pengajaran ilmu shorof itu layak digunakan melihat dari hasil penelitian sebelumnya 67, 4% dan sesudahnya 89%. Disana terdapat perbedaan besar dalam tatanan kemampuan siswa dalam pengajaran ilmu shorof di Madrasah Daarul Falah Serang Banten. Oleh karena itu data-data ini menunjukan bahwa kitab yang dikiembangkan ini patut digunakan dalam proses pengajaran ilmu shorof.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 410 Linguistik |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2025 02:57 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2025 02:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16319 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |