Pengaruh Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang)

Alawiyah, Ernawati (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210106_Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_Lampiran Depan.pdf

Download (526kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (546kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (863kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Teks
S_PAI_201210106_Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian menggunakan jenis penelitian Pre-eksperiment design dengan jenis one-group pretest-posttest desain ini digunakan untuk mengungkapkan sebab-akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subjek yang diawali dengan melakukan pre-test sebagai langkah awal, kemudian melakukan treatment dan diakhiri dengan posttest. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari strategi pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal tersebut dibuktikan dari Hasil pre-test kelas eksperimen mendapatkan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 35 dengan nilai rata-rata 62,37 Setelah dilakukan proses pembelajaran, diperoleh hasil Post-test pada kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60 dengan nilai rata-rata 81,84. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti meningkat setelah diberi perlakuan (treatment). Berdasarkan pengujian rata-rata hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang, dengan menggunakan uji paired sampel t-test memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. adapun hasil uji N-Gain Score nilai mean yang didapatkan yaitu 0,6084 maka kategori yang diperoleh adalah sedang. Adapun kategori tafsiran presentasi N-Gain Score yang didapatkan yaitu 57,7980 maka kategori yang didapatkan yaitu cukup efektif. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh dari Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pembelajaran, Deep Dialogue/Critical Thinking, Hasil Belajar Siswa
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2025 08:43
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2025 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.