Trisnamansyah, Irwan Zulkarnain (2025) Peran Rumah BUMN Serang dalam Peningkatan Kreativitas Anggota Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PMI_181530072_Cover.pdf Download (104kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Lampiran Depan.pdf Download (805kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Bab I.pdf Download (230kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (326kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (530kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Bab V.pdf Download (81kB) |
|
Teks
S_PMI_181530072_Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) |
Abstrak
Dengan melihat UMKM sebagai bagian dari pelaku usaha yang membantu pertumbuhan ekonomi nasional, peran dan fungsi strategis ini sebenarnya dapat ditingkatkan. Salah satu program kementerian BUMN untuk pemberdayaan dan kemajuan UMKM adalah Rumah BUMN. Rumah BUMN ini dibangun di Indonesia bersama dengan kementerian BUMN dan beberapa perusahaan milik Negara. Kementerian BUMN berinisiatif untuk menyiapkan Rumah Kreatif BUMN yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk mensolusikan tantangan yang dihadapi oleh UKM serta mewujudkan Digital Economy Ecosystem. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Program pendampingan apa saja yang ditawarkan Rumah BUMN Serang kepada UMKM? 2) Apa peran Rumah BUMN Serang dalam meningkatkan kreativitas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Banten? 3) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pelaksanaan program Rumah BUMN Serang? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada di tempat penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: pertama, program-program pembinaan yang dilakukan pada Rumah BUMN Serang melalui 3 tahapan, yaitu: Go Modern, level pembinaan yang berfokus pada peningkatan kualitas produk, branding, packaging. Go Digital, penggunaan aplikasi digital dan otomasi dalam proses bisnis dan pemasaran yang telah terdaftar di media sosial. Go Online, level pembinaan yang berisikan materi-materi terkait perluasan akses pasar secara online yang telah terdaftar di marketplace. Kedua, Peran Rumah BUMN Serang dalam peningkatan Kreativitas dalam anggota UMKM memberikan manfaat dalam hal peningkatan skill, modal, dan peningkatan akses pemasaran yang sangat dibutuhkan akan lebih unggul, membantu memahami kondisi pasar, teknik penjualan. Ketiga, faktor yang menghambat pelaksana program Rumah BUMN Serang; kurangnya akses ke modal, Infrastruktur yang tidak memadai, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan akses pasar, beberapa fasilitator menggunakan bahasa yang sulit dipahami UMKM, dan kurangnya komunikasi antara UMKM dan mentor. Selain itu faktor pendukung Rumah BUMN Serang yaitu mudahnya inovasi dalam kreativitas, adanya pelatihan dalam pengembangan keterampilan, dan memberikan manfaat akses penggunaan teknologi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran, kreativitas, UMKM, rumah BUMN Serang |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 307 Komunitas > 307.12 Sosiologi Kemasyarakatan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 24 Jan 2025 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jan 2025 07:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16189 |
Actions (login required)
Lihat Item |