Assahidah, Rima (2024) Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PGMI_201240020_Cover.pdf Download (249kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Lampiran Depan.pdf Download (5MB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Bab I.pdf Download (314kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (513kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (672kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Bab V.pdf Download (259kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240020_Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul berbantuan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui kelayakan E-Modul berbantuan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjek uji coba produk sebanyak 20 siswa Kelas V di SDN Pondok Jagung 3. Uji validasi dilaksanakan beberapa ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kesimpulan yang diperoleh hasil penelitian ini adalah : proses pengembangan dilakukan melalui 5 tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. E-Modul didesain menggunakan aplikasi Canva. Isi E-Modul meliputi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi, video, soal latihan, glosarium, dan daftar pustaka. Hasil penilaian keseluruhan dari para ahli memperoleh nilai 91% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari ahli media memperoleh persentase nilai 86%, ahli materi memperoleh nilai 90%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 92%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | E-Modul, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPAS |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Des 2024 06:27 |
Perubahan Terakhir: | 16 Des 2024 06:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16003 |
Actions (login required)
Lihat Item |