Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar

Assahidah, Rima (2024) Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240020_Cover.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Lampiran Depan.pdf

Download (5MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Bab I.pdf

Download (314kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Bab V.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240020_Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul berbantuan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui kelayakan E-Modul berbantuan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjek uji coba produk sebanyak 20 siswa Kelas V di SDN Pondok Jagung 3. Uji validasi dilaksanakan beberapa ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kesimpulan yang diperoleh hasil penelitian ini adalah : proses pengembangan dilakukan melalui 5 tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. E-Modul didesain menggunakan aplikasi Canva. Isi E-Modul meliputi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi, video, soal latihan, glosarium, dan daftar pustaka. Hasil penilaian keseluruhan dari para ahli memperoleh nilai 91% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari ahli media memperoleh persentase nilai 86%, ahli materi memperoleh nilai 90%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 92%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): E-Modul, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPAS
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Des 2024 06:27
Perubahan Terakhir: 16 Des 2024 06:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.