Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SD/MI

Maria, Maria (2024) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240101_COVER.pdf

Download (167kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240101_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (479kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240101_BAB I.pdf

Download (529kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (763kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240101_BAB V.pdf

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240101_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan media video Animasi pembelajaran untuk siswa kelas II SDN/MI dalam pembelajaran Matematika materi Mengenal Pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala Likert. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran berupa media video animasi pembelajaran pada materi mengenal pecahan muatan pelajaran Matematika di kelas II SD/MI” yang mengandung audio, teks, dan gambar animasi. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh dosen ahli materi dan ahli media menghasilkan rata-rata skor presentase 85 % dengan kategori Sangat Layak. Dengan demikian produk pembelajaran media video animasi pembelajaran pada materi mengenal pecahan yang dibuat oleh peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran Matematika.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video Animasi Pembelajaran, Hasil belajar di SD
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Nov 2024 03:24
Perubahan Terakhir: 07 Nov 2024 03:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.